Tugas 8 Rekayasa Kebutuhan D

MokaPOS adalah sebuah aplikasi point-of-sale yang dapat digunakan secara multi-platform untuk membantu usaha kecil dan menengah. MokaPOS mengoptimalkan operasional bisnis dan juga menyediakan platform penunjungan untuk pelaku usaha dalam melakukan operasi penjualan. Sederhananya, MokaPOS menyediakan berbagai macam manajemen yang dibutuhkan oleh usaha dan akan terupdate secara real time seperti: 

1. Manajemen transaksi

2. Manajemen shift

3. Manajemen customer

4. Manajemen meja

5. Manajemen stok


MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk menghubungkan usaha dengan metode-metode pembayaran seperti GoPay, OVO, DANA, dll. 


Metode yang Digunakan

Untuk membuat spesifikasi kebutuhan, terdapat beberapa tahapan yang dapat digunakan untuk membuat spesifikasi yang rinci yaitu: 

 

1. Tentukan proses/identifikasi fungsional

2. Tentukan karakteristik aktivitas pada sistem

3. Tentukan obligasi legal untuk sistem (harus/akan/mungkin)

4. Lakukan tuning pada requirement

5. Buatlah kondisi yang tepat untuk kebutuhan

6. Gunakan SOPHIST-Rulebook



Spesifikasi Kebutuhan


Dengan menggunakan metode-metode di atas, dapat digali dan dibuat spesifikasi kebutuhan dari Sistem yaitu sebagai berikut: 


Spesifikasi Fungsional


1. Apabila user ingin menggunakan aplikasi, sistem harus dapat menyediakan fitur login.  

2. Apabila user telah melakukan login, sistem harus menampilkan menu pilihan outlet usaha milik user untuk diakses. 

3. Sistem harus menampilkan produk-produk dari usaha yang merupakan produk paling banyak diakses. 

4. Apabila user ingin mengubah menu halaman pertama, sistem dapat mengubah produk pada halaman sesuai pilihan user. 

5. Apabila user ingin melihat katalog produk, sistem harus dapat menampilkan list produk-produk yang ada. 

6. Saat user memulai shift, sistem harus dapat membuat shift baru dengan mendata jumlah tunai awal. 

7. Apabila ingin menambah produk pada bill, sistem harus dapat menambahkan produk pada bill sesuai dengan masukan user yaitu kuantitas, tipe, dan diskon. 

8. Jika akan menambah billing, sistem harus dapat melakukan manajemen data customer.

9. Sistem harus dapat memproses pembayaran tunai sesuai dengan jumlah uang tunai yang diberikan. 

10. Jika customer membayar dengan E-wallet, Sistem harus dapat memproses pembayaran sesuai dengan pilihan E-Wallet customer. 

11. Jika customer membayar dengan EDC, sistem harus dapat memproses pembayaran sesuai dengan pilihan EDC customer. 

12. Apabila customer ingin struk dikirim melalui email, sistem harus dapat mengirimkan struk kepada email yang diinputkan oleh customer. 

13. Apabila customer ingin struk dicetak, sistem harus dapat mencetak bill dengan menggunakan printer. 

14. Apabila belum akan melakukan pembayaran, sistem dapat memungkinkan user menyimpan data bill customer untuk dibuka kembali. 

15. Apabila user ingin melihat data-data pembayaran lalu, sistem dapat menampilkan riwayat pembayaran pada shift tersebut. 

16. Apabila pembayaran dilakukan oleh customer yang berbeda-beda, sistem harus dapat melakukan split bill. 

17. Apabila user ingin menghapus produk dari bill, sistem harus dapat menghapus produk dengan otorisasi user.  

18. Apabila user ingin mengakhiri shift, sistem harus dapat menampilkan laporan aktivitas shift yang telah dilalui oleh user. 

19.  Sistem harus dapat melakukan manajemen shift berupa opsi shift, shift sekarang, dan riwayat shift. 

20. Apabila user selesai menggunakan aplikasi, sistem harus dapat melakukan log out bagi user.



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1: Project Freelance

Tugas 2: Traffic Light