TUGAS 1 PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK kelas B

Latihan Bab 8.1 - 8.6


Time Class Case Study
 
Di deklarasikan 2 public class yaitu Time1 dan Time1Test dengan keguanaan yang berbeda. Time1 di deklarasikan sebagai representasi waktu 24 jam dalam sehari, sedangkan Time1test berfungsi untuk membuat object dari Time1 dan memanggil method dari Time1.

source code Time1 class, declaration to represent the 24 hours format


source code Time1Test class, declaration to get the method from Time1


berikut merupakan tampilan jika dijalankan:





Controlling Access to Members

ada 3 jenis access yaitu Public, Private dan Protected. hal ini berhubungan dengan izin akses dari suatu class ke class lain. dideklarasikan sebuah class untuk mencoba hak akses tersebut dengan nama class MemberAccessTest. Hal ini akan membuktikan private member untuk class Time1 tidak bisa diakses dari class lain.

source code MemberAccessTest, declaration to test member Access  

untuk tampilan errornya seperti berikut:




Referring to the Current Object's Members with the this Reference

this digunakan untuk mengakses reference pada dirinya sendiri atau biasa disebut this reference. Ketika sebuah non-static method dipanggil untuk sebuah object, badan method akan menggunakan keyword this secara implisit untuk mengacu pada variabel objects dan method lain. 

source code ThisTest, declaration to refer to membersof an object


Berikut tampilan saat dijalankan:



Time Class Case Study : Overloaded Constructors

Kita dapat mendeklarasikan constructor milik kita sendiri untuk menspesifikasikan bagaimana objek dari sebuah kelas harus diinisialisasi. Pada contoh ini, kita akan membuat kelas dengan beberapa overloaded constructors yang membuat kita bisa menginisialisasikan sebuah objek dari sebuah kelas dengan cara yang berbeda - beda. Untuk meng - overload constructors, kita hanya perlu memberikan beberapa deklarasi constructor dengan signature yang berbeda. Class Time2 berisi 5 overloaded constructor yang menyediakan cara mudah untuk menginisialisasi object di new class Time2. Setiap constructor menginisialisasi object untuk memulai pada keadaan konsisten.

source code Time2, declaration to specify object from class


source code Time2Test, declaration to test the overloaded constructor


Berikut tampilan saat dijalankan:







Comments

Popular posts from this blog

PULSE AA Final Project PBO

Tugas 1: Project Freelance